15 Contoh Memo Dalam Bahasa Inggris Formal dan Non Formal

Meskipun pada zaman sekarang ini teknologi sudah semakin canggih dan era globalisasi yang sudah semakin modern. Hal itu sudah terlihat dari banyaknya media sosial internet yang dapat mempermudahkan kita dalam mengirim pesan kepada sesama teman ataupun kerabat kita dengan sangat mudah. Akan tetapi, tetap saja fungsi memo masih digunakan meskipun di era teknologi sekarang ini.

Gambar memo dalam bahasa inggris


Penjelasan Mengenai Memo Bahasa Inggris?

Apa yang dimaksud dengan Memo? Memo merupakan singkatan dari memorandum yang berfungsi menyampaikan pesan singkat , jelas, dan mudah dipahami yang memiliki tujuan penting. Memurut dari sistem pemakaiannya memo dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
  1. Memo yang bersifat resmi : Memo yang bersifat resmi ini biasanya digunakkan olah pimpinan sebuah instansi atau perusahaan kepada bawahannya atau sebaliknya.
  2. Memo yang bersifat tidak resmi (pribadi) : Memo yang bersifat tidak resmi ini biasanya digunakkan sebagai nota atau surat tidak resmi antar teman atau kerabat.
Didalam penggunaannya memo ini memiliki fungsi yaitu sebagai alat komunikasi yang bersifat arahan, saran, atau keterangan mengenai suatu hal agar pesan kita sampai kepada yang dituju secara cepat. Untuk mengena lebih jauh mengenai memo maka kami akan berikan Ciri-ciri Memo Bahasa Inggris Yang Bersifat Formal :

Berikut Ciri-ciri Memo Bahasa Inggris Yang Bersifat Resmi :


  1. Surat Khusus yang dibuat untuk keperluan khusus didalam sebuah Instansi atau Perusahaan.
  2. Merupakan sebuah bentuk komunikasi berupa arahan, saran, penjelasan mengenai suatu hal.
  3. Mempunyai bagian bentuk surat yang lebih singkat dibandingkan dengan surat resmi lainnya.
  4. Disebabkan oleh penggunannya yang terbatas memo selalu mencantumkan nama instansi atau perusahaan diatas kepala memo.
  5. Dilihat dari penggunannya dalam sebuah instansi atau perusahaan memo resmi ini dapat  disampaikan dalam bentuk vertikal dan horizontal :
  • Secara Vertikal : merupakan bentuk penyampaian dari atasan kebawahan atau sebaliknya yang bertujuan untuk mengingatkan atau memrintahkan.
  • Secara Horizontal : merupakan bentuk penyampaian memo kepada pihak yang memiliki jabatan yang sama.

Struktur Memo Dalam Bahasa Inggris

Selanjutnya untuk lebih mengetahui bentuk Struktur Memo Bahasa Inggris, mari kita lihat penjelasan mengenai Struktur Memo Dalam Bahasa Inggris :

        1) To :
·         Name
·         Adress
·         Receiver
·         Sender
·         Date
·         Subject

        2) Body
             Berupa isi atau pesan singkat (memberikan saran, perintah, laporan). Dalam menulis isi                        memo ini menyampaikan pesan secara ringkas dan jelas.

        3) Footer 
            Berisi tanda tangan dan nama lengkap pembuat memo.

A. Contoh Memo Dalam Bahasa Inggris secara Resmi:


1)  Contoh Memo Bahasa Inggris Resmi Sekolah



SMAN 43 Makasar
Minangkabau road, Manggarai, South Makasar

Memo

From       : Principal
To            : All Teachers SMAN 43 Makasar
Date        : 12 April 2010
Subject   :  Prepared Competition

To win the sport and the arts Competetion  level  National, next month. I hope the Mr / Mrs. teachers should collaborate to help students who will participate in the speech contest.

Head Teacher
(Signature)



 Anis Mulyati

2) Contoh Memo Dalam Bahasa Inggris Resmi Perusahaan


  
PT. Success Sentosa
Sahara Mountain 46 Road, East Bekasi

Memo

From       : Director
To            : Marketing Manager
Date        : 25 February 2013
Subject   :  Meeting Schedule

Please prepared a report last marketing materials that meeting will be held on February 29, 2013

Jakarta,  25 February, 2013


Ahmad Sembiring


3) Contoh Memo Bahasa Inggris Resmi Perusahaan



Teeth Brush Manufacturing , Inc
Padang, Indonesia

Official  Memo

To           :  All Employee
From      : Brand Smith Licoln, Manager Director
Date       :  18 November 2011
Subject  :  Fareweel  Ceremony

It is used to tell you all the fareweel ceremony in honor Sonya Malista, Assistant Manager, will be held on 08.00 PM on 18 Nov 2011. All people in this company required to attend the ceremony.

Manager Director,


Brand Smith Licoln

4)  Contoh Memo Bahasa Inggris Resmi Perusahaan


Gillete Manufacturing Company, Inc
West Jakarta, Indonesia
Offcial Memo

To : All Employees
From : Andree Thomson, Head Manager
Date : Juny 10th, 2014
Subject : Our Company's Anniversary

Next Sunday, we are going to celebrate our company's anniversary. It will be held at 10:00 PM on Juny 15th, 2014. There will be bazaar and door prize for the employees. I hope you can attend this celebration on time.


Head Manager,


Andree Thomson


B. Dan Berikut adalah Contoh Memo Bahasa Inggris Tidak Resmi :


1)  Contoh Memo Bahasa Inggris Tidak Resmi Untuk Teman Mahasiswa



Memo

To: Amir Salahuddin
From: Andre Zainuddin

Please attend the meeting of the Faculty Student Organization discussions. Which will be held on March 12, 2014. And Your attend required  to be able to draw conclusions from this discussion meeting.

Andre Zainuddin


2)   Contoh Memo Bahasa Inggris Tidak Resmi Untuk Kerabat



Memo
To       : Andra Yogi
From  :  Purnomo Adjie

Please bring me money Rp. 5,000,000.00 left in the Bank. And I hope you brought immediately before the date of October 25, 2014.


Purnomo Adjie

3)  Contoh Memo Bahasa Inggris Tidak Resmi Untuk Teman


Memo
To       :  Gunawan
From  :  Rantika Hasiholan

Please bring me a book novel Sang Pemimpi which you borrowed last week. And bring it when we meet tomorrow at Cafe Majestik.


Gunawan


Dan saya juga akan berbagi cerita moral yang dapat menambah moral kebaikan bagi kita, cerita ini berjudul Berikir Terlebih Dahulu sebelum bertindak. Dan berikut ceritanya :

Berpikir sebelum Hakim

Seorang dokter masuk rumah sakit terburu-buru setelah dipanggil untuk operasi mendesak. Dia menjawab panggilan secepatnya, berganti pakaian dan pergi langsung ke blok operasi. Ia menemukan ayah mondar-mandir anak di ruang tunggu dokter.

Melihat dia, menangis ayah, "Mengapa Anda mengambil semua waktu ini datang? Tidak tahukah kamu bahwa kehidupan anak saya dalam bahaya? Apakah Anda tidak memiliki rasa tanggung jawab?"

Dokter itu tersenyum dan berkata, "Maaf, saya tidak di rumah sakit dan saya pergi secepat aku bisa setelah menerima panggilan dan sekarang, saya ingin Anda tenang sehingga saya bisa melakukan pekerjaan saya."

"Tenanglah! Bagaimana jika anak Anda berada di ruangan ini sekarang, Anda akan tenang? Jika anak Anda meninggal sambil menunggu dokter yang akan Anda lakukan ??" ayah marah kata. Dokter itu tersenyum dan menjawab: ". Kami akan melakukan segala kemungkinan dengan kasih karunia Allah dan kita juga harus berdoa untuk hidup sehat anaknya"

"Memberi saran ketika kita tidak peduli sangat mudah," gumam sang ayah.
Operasi mengambil beberapa jam setelah dokter meninggalkan bahagia, "Terima kasih Tuhan anak Anda telah disimpan!" Dan tanpa menunggu ayah respon sedang dalam perjalanan berjalan, mengatakan, "Jika ragu, konsultasikan dengan perawat ."

"Mengapa kau begitu sombong? Tidak bisa menunggu beberapa menit untuk saya bertanya-tanya tentang keadaan anak saya," kata ayah untuk melihat menit keperawatan setelah dokter pergi. Perawat itu menjawab. Air mata di wajahnya, "Anaknya meninggal kemarin dalam kecelakaan mobil, yang berada di pemakaman ketika ia dipanggil untuk operasi anak Dan sekarang yang menyelamatkan nyawa anaknya, berlari untuk menyelesaikan pemakaman anaknya. "

Dan nilai moral yang dapat kita ambil dari cerita ini adalah Jangan menilai orang karena Anda tidak pernah tahu apa hidup Anda dan apa yang terjadi.  

Dan demikianlah penjelasan dari kami mengenai 7 Contoh Memo Dalam Bahasa Inggris Resmi dan Non Resmi semoga dapat menjadi bahan referensi tugas sekolah anda. Terima kasih.









           
           


1 Response to "15 Contoh Memo Dalam Bahasa Inggris Formal dan Non Formal"